alif aji purnama


Rabu, 11 Maret 2009

tingkat jurus

TINGKAT DAN WARNA JURUS SH

TINGKAT 1 TERDIRI 36 JURUS POKOK ATAS/BERDIRIGERAK LURUS-ZIGZAG-KIBLAT PAPAT LIMA PANCER(GERAK AKTIF,CEPAT,TEPAT)=>PRINSIP FALSAFAH:”BERANI ITU BENAR,TAKUT ITU SALAH”TINGKAT INI disebut sebagai tingkat awal, dimana SH yer dilatih untuk berani menghadapi hidup(BUKAN BERANI MATI). Menerjang tuntas apapun penghalang yang ada didepanya(rawe-rawe rantas malang-malang putung.KEBERANIAN adalah kemenangan yang pertama ->HIDUP KERAS PENUH TANTANGAN-> disini ngelmu”kanoman”amat dominan untuk menghadapi kekejaman duniawi.

TINGKAT IITERDIRI DARI 15 JURUS POKOK BAWAHGERAK PASIF TETAPI AWAS,REFLEKTIF,TEPAT=>PRINSIP FALSAFAH:”BERANI KARENA BENAR,TAKUT KARENA SALAH”Mengadakan pilihan untuk melaksanakan yang benar, berguna, bermanfaat, dan menjauhi yang tak berguna, salah, tak bermanfaat. Suatu latihan untuk mendekati ILLAHI dengan mengedepankan RELIGIOUSITAS dalam lakunya. Disini dominan kepada laku batin mengedepankan roso pangroso, walaupun difaktor duniawi masih melingkupinya. Dalam tahap ini , keseimbangan hidup duniawi dan akhirat amat sangat didambakan.

TINGKAT III TERDIRI DARI 1 JURUS POKK DIAM ALIFDIAM TIADA GERAK, ANTENG, MANTENG SUGENG,JINENG=>PRINSIP FALSAFAH:”BENAR ITU SALAH, TAKUT JUGA SALAH”Dalam tahap ini jelas dominasi dari segi kerohanian religiousitas, yang sedikit demi sedikit tetapi pasti. Meninggalkan rasa keduniawian untuk mencapai “manunggaling roso kawula gusti”atau mencapai tahapan insane kamil.Disaat sukma kita dipanggil oleh Tuhan Yang Maha kuasa..

Tidak ada komentar: